Pesona Indonesia

Monday 10 April 2017

info negeri yang indah bersama pesona indonesia





 Branding “Wonderful Indonesia” diluncurkan sejak 2011 dan mengalami beberapa reposisi dan seperti menteri sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya memutuskan untuk mempertahankannya bahkan memperkuat pencitraannya di dalam maupun ke luar negeri. “Wonderful Indonesia” yang kini didampingi “Pesona Indonesia” adalah janji pariwisata Indonesia kepada dunia sekaligus memperkuat Indonesia dalam persaingan pariwisata internasional. Kata “Wonderful” atau “Pesona”  menunjukan pesan ‘kaya dengan ketakjuban’ dari segala aspek baik manusia, budaya maupun alamnya, dimana semua itu mampu mengusik kalbu dan memberikan pengalaman baru.

Branding pariwisata “Wonderful Indonesia” dan “Pesona Indonesia” juga mengacu pada 3 pesan utama, yaitu: culture, nature, dan creative (man made). Ketiganya memberi makna bahwa alam (nature) Indonesia paling indah di dunia baik itu keindahan bawah laut, pantai, gunung, hutan, serta beranekaragam hayati dari Sabang hingga Merauke dari Mianggas hingga Rote. Indonesia juga secara jelas memiliki kekayaan budaya (culture) yang terbesar dan heterogen, berupa suku, bahasa, tradisi dan adat istiadat. Sementara karya kreatif (creative-man made) merepresentasikan daya kreasi manusia Indonesia yang mampu mencipta ragam karya, daya tarik, dan atraksi yang memikat warga dunia.

Logo nama-citra “Pesona Indonesia” senada dengan “Wonderful Indonesia” desainnya diadaptasikan dari lambang negara, yaitu Burung Garuda. Desain lama tetap dipertahankan yang menekankan gaya luwes melalui gambar tanpa sudut yang bermakna keseimbangan, keselarasan manusia di Bumi, sekaligus melambangkan pariwisata berkelanjutan. Rentangan sayap logo Garuda memiliki makna hasrat kuat untuk terbang jauh-melintas batas, bersifat semesta-dikenali semua, juga sekaligus perlambang kedamaian.

Bentuk desain pada logo masih menggunakan lima komponen warna dengan maknanya masing-masing. Biru melambangkan kesemestaan, kedamaian dan keteguhan. Hijau melambangkan kreativitas, ramah pada alam, dan keselarasan. Jingga lambang inovasi, keterbukaan, dan semangat pembaruan. Ungu menjadi simbol daya imajinasi keimanan, serta kesatuan lahir dan batin. Magenta merupakan simbol keseimbangan akal sehat dan sifat praktis.


Budaya Indonesia adalah budaya yang penuh keanekaragaman. Dengan anugerah bentang alam yang luas dan penuh keeksotisan, Indonesia menawarkan sejuta potensi pariwisata budaya yang patut untuk dikunjungi. Lanskap alam yang khas dibalut tradisi budaya yang unik semakin menjadikan Indonesia menjadi magnet para pecinta wisata.
Indonesia memang memiliki kultural budaya yang berbeda-beda karena lokasi geografis yang beraneka ragam. Pesona budaya yang dapat kita temui dan kita susuri di tiap dataran Indonesia akan menjadikan memori ingatan yang tak mudah terlupakan. Keunikan yang ditemui akan menjadikan kita mengagumi akan kayanya budaya di negeri ini.


Mendampingi logo branding pariwisata Indonesia, “Wonderful Indonesia” yang selama ini digunakan, Kementerian Pariwisata telah meluncurkan padanannya untuk versi dalam negeri, yaitu “Pesona Indonesia”. Dan peluncuran logo branding tersebut dilakukan di Balairung, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta.
Menteri Pariwisata, Arif Yahya, dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa di tahun 2015 ”Pesona Indonesia” atau “Wonderful Indonesia” tetap digunakan sebagai country branding dan menjadi slogan  destinasi wisata  dalam negeri.
“Pesona Indonesia atau Wonderful  Indonesia itu  adalahcountry branding, dan harus digunakan di seluruh destinasi wisata  di Indonesia kalau kita mau menang. Jakarta boleh menggunakan  Enjoy Jakarta, tapi di bawahnyaharus di tulis by Wonderfull Indonesia atauPesona Indonesia, jadisemua orang tahu  bahwa ini adalah Indonesia,” kata  Menteri Pariwisata Arif Yahya, ketika itu.
“Pesona Indonesia”merupakan citra bagi masyarakat Indonesia, terutama di berbagai daerah destinasi wisata di Tanah Air.Diharapkan kata ‘pesona’ akan melekat dan tercitrakan keberbagai destinasi dan atraksi wisata, bahkan kepada orang Indonesia sendiri

 Logo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia mengalami sedikit perubahan dibandingkan logo Wonderful Indonesia tahun sebelumnya. Perbedaan paling terlihat ada pada letak logo atau logo tersebut mengalami reposisi.

Walaupun demikian, logo Wonderful Indonesia tetap mengedepankan sayap burung Garuda sebagai ikonnya. “Keindahan dari logo Wonderful dan Pesona Indonesia telah dibangun selama beberapa tahun dan sekarang diperbaiki untuk meningkatkan efektifitas dari penggunaan logo tersebut,” tulis akun resmi Instagram Wonderful Indonesia.

Pada reposisi terbarunya, kata “Wonderful/Pesona” diperbesar untuk memastikan tagline tetap terlihat jelas apabila logo tersebut dimuat dalam ukuran kecil pada pengaplikasiannya. Ukuran ikon burung Garuda juga diperbesar mengikuti komposisi kata “Wonderful Indonesia” atau “Pesona Indonesia.”

Ini Perubahan dan Arti Logo Pesona Indonesia 2016

Sejarah dan Arti Logo Wonderful Indonesia

Seperti diketahui, Wonderful Indonesia merupakan manajemen merek pariwisata Indonesia yang dimulai sejak tahun 2011. Slogan ini pertama kali diperdengarkan pada forum internasional yaitu pertemuan Menteri Pariwisata ASEAN, 17-18 Januari 2011 di Kamboja.
Berikut adalah makna dan arti dari logo Wonderful Indonesia.

1. Bentuk logo mengambil konsep Garuda Pancasila sebagai dasar Negara akan tetapi dengan pengolahan yang modern.
2. Lima Sila digambarkan berupa 5 garis warna yang berbeda dan merupakan simbol diversity Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman.
3. Logo diolah menjadi bentuk dan warna yang dinamis sebagai perwujutan dari dinamika Indonesia sebagai negara berkembang
4. Jenis huruf dan logo diambil dari elemen otentik Indonesia yang disempurnakan dengan sentuhan modern.

Makna Warna Pada Logo Wonderfull Indonesia

1. Warna Biru yang berarti kesemestaan
2. Warna Hijau yang memiliki arti Kreatifitas dan ramah pada alam
3. Warna Jingga melambangkan Inovasi dan juga semangat pembaharuan
4. Warna Ungu melambangkan simbol daya imajinasi dan keimanan
5. Warna Magenta merupakan simbol keseimbangan akal sehat dan sifat praktis


MY TRIP MY ADVENTURE
Sekelompok selebriti muda yang suka berpetualang dengan semangat melestarikan budaya dan alam Indonesia yang indah, dengan cara menyambangi tempat-tempat terindah yang belum pernah tereksplorasi sebelumnya, bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, menghargai budaya setempat dan menjadikan semuanya dalam satu perjalanan tak terlupakan. Banyak kisah petualangan seru yang terlahir dari setiap perjalanan mereka. Bahkan mampu memberikan kesan seolah kita ikut berpetualang bersama mereka. Acara ini mengajarkan tentang bagaimana cara menikmati alam dan menjaga alam serta mengenalkan keindahan - keindahan yang ada di negeri kita Indonesia yang tercinta ini. Dengan para host yang keren tampan, cantik, dan manis - manis yang sangat mendukung acara ini serta para kru transtv yang hebat telah mengenalkan ini acara ke masyarakat.

No comments:

Post a Comment

Pesona Garuda Wisnu Kencana

MTMA bersama PESONA INDONESIA